Era ASN Bisa Kerja di Rumah, Ini Kriteria PNS yang Dibolehkan

TANGGAL :
Jum'at, 9 Agustus 2019

JAM NAIK BERITA :
15:07:00

MEDIA :
Makassar.terkini.id

JOURNALIST :
Redaksi

NARASUMBER :
Setiawan Wangsaatmaja, Deputi SDMA KemenPAN-RB

TONE :
Pro

TOPIC :
Smart ASN

CATEGORY :
-

RUBRIC/PAGES :
Berita

PR :
Rp. 15.000.000

AD :
Rp. 5.000.000

LINK ORIGINAL :

Jakarta – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Kemenpan RB) tengah membuat rencana agar PNS bisa kerja dari rumah.
Hal itu disampaikan oleh Deputi SDM Aparatur Kemenpan RB Setiawan Wangsaatmaja saat menjadi pembicara dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 tentang Evaluasi Reformasi Birokrasi.

“Ciri-ciri ASN 4.0 itu lebih jeli lebih dan akurat, lebih cepat nanti ada fleksibilitas dalam kerja,” ujar dia di Jakarta, Kamis 8 Agustus 2019.

“Kami tengah rencanakan itu, kerja dari rumah bisa, kerja dari ujung saja juga bisa, nanti diatur bagaimana aturannya,” sambungnya seperti dilansir dari kompas.com.

Setiawan enggan menyebut pasti kapan rencana itu bisa terealisasi. Namun dia mengatakan, jumlah PNS yang melek teknologi akan semakin bertambah seiring rekruitmen baru yang diisi generasi melek teknologi.

Pemerintah sudah merencanakan ASN atau PNS agar banyak diisi oleh pegawai-pegawai yang melek teknologi atau punya basis kemampuan teknologi informasi yang cukup kuat pada 2024.

Rencana tersebut dimulai dengan proses rekruitmen PNS yang secara penuh mulai dari pendaftaran sampai pengumuman menggunakan sistem komputer atau internet sejak beberapa tahun lalu.

Dari hasil seleksi itu, kata Setiawan, pemerintah telah memiliki 572.000 PNS yang melek teknologi saat ini. Beberapa tahun ke depan, jumlah PNS yang melek teknologi akan semakin bertambah.

“Katakanlah nanti setiap tahun ada 200.000 formasi, 2024 kita sudah mulai seimbang dan kami yakin itulah yang akan menjadi tulang punggung birokrasi kita,” kata dia.