Saatnya Kita Meninggalkan Cara-cara Lama

TANGGAL :
Kamis, 15 Agustus 2019

JAM NAIK BERITA :
13:22:19

MEDIA :
Jurnalpolisi.com

JOURNALIST :

NARASUMBER :

TONE :
Pro

TOPIC :
SDM Unggul

CATEGORY :

RUBRIC/PAGES :
Berita

PR :
Rp. 15.000.000

AD :
Rp. 5.000.000

LINK ORIGINAL :

Jakarta - Pemerintah disarankan meninggalkan cara-cara lama untuk mendorong peningkatan sumber daya manusia (SDM) dengan melakukan mobilisasi dan orkestrasi platform digital.
"Di sisi lain, kita selalu bicara yang umum. Sudah saatnya kita bicara yang spesifik. Presiden Jokowi sudah mengatakan saatnya kita berubah dan meninggalkan cara-cara lama," ujar Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Rhenald Kasali.

Demikian disampaikan Rhenald Kasali dalam acara Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dengan tema "SDM Unggul, Indonesia Maju", yang berlangsung di Ruang Rapat Benny S Mulyana, Kementerian PPN/Bappenas, Jakarta, Rabu (14/08/2019).

Menurut Rhenald, meski pemerintahaan Jokowi sudah mencoba meningkatkan kualitas pendidikan maupun sumber daya manusia melalui infrastruktur dasar kesehatan dan penduduk namun perlu dilakukan mobilisasi dan orkestrasi di sektor pendidikan dan produktif lainnya.

"Ini tidak terjadi begitu saja. Ini muncul sebagai wujud dari revolusi industri 4.0 dimana mesin dan segala benda, baik buatan alam maupun manusia sama-sama terhubung dengan manusia dari segala belahan dunia," tutur Rhenald Kasali.

Mobilisasi dan orkestrasi merupakan bagian dari interconnecred society yang timbul karena ada enam pilar teknologi yaitu Internet of Things, Cloud Computing, Big Data Analytics, Artificial Intelligence, Super Apps, and Broadband Infrastructure.

Rhenald menerangkan untuk menyambut era disrupsi masuk ke dunia pendidikan, Presiden Jokowi sudah merekomendasikan platform RuangGuru. Tinggal mencari jalan mengkombinasikan sumber dana APBN/APBD dengan penggalangan dana publik secara digital melalui CrowdFunding.

"Mempercepat kualitas pendidikan, SDM dan ekonomi kita agar bersaing secara global tentu lewat cara-cara revolusi 4.0. Semua platform digital yang dipunyai anak bangsa dilibatkan," jelas Guru Besar FE UI tersebut.

Hadir sebagai narasumber dalam FMB 9 kali ini antara lain Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro

Kegiatan FMB 9 juga bisa diikuti secara langsung di www.fmb9.go.id, FMB9ID_ (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID_IKP (Youtube).