Rilis 2 : Nias Siap Jadi Destinasi Wisata Bahari Dunia

TANGGAL :
Kamis, 29 Agustus 2019

JAM NAIK BERITA :
15:40:06

MEDIA :
-

JOURNALIST :

NARASUMBER :

TONE :
Pro

TOPIC :
Explore Sail Nias 2019

CATEGORY :

RUBRIC/PAGES :
Berita

PR :

AD :

FILE ORIGINAL :


Jakarta - Pemerintah kembali menggelar acara Sail Nusantara. Tahun ini, agenda tahunan tersebut dilaksanakan di Nias, Sumatra Utara, setelah pada tahun lalu di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, dengan tujuan mendorong Nias menjadi destinasi wisata Indonesia, bahkan dunia.
Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti dalam acara diskusi media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dengan tema "Explore Sail Nias 2019", yang berlangsung di Graha Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Kamis (29/8/2019).

"Seperti kita ketahui bahwa wilayah Nias sungguh sangat indah sekali, ada wisata laut, wisata alam, wisata budaya yang sangat lengkap sekali. Dan juga banyak pantai-pantai di sekitar Nias ini merupakan salah satu spot surfing terbaik di dunia," ujarnya.

Diharapkan, lanjutnya, dengan adanya Sail Nias ini dapat mendatangankan banyak wisatawan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Di samping itu, Niken menyebutkan bahwa di Nias juga ada wisata budaya dengan daya tarik Tari Fataele dan Hombo Batu yang barangkali tidak ada duanya di Indonesia.

"Bagaimana para seniman bisa meloncati batu sangat tinggi mungkin lebih dari 2 meter, kayak terbang. Tentunya selain tujuan wisata, Sail Nias ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi Indonesia," tandasnya.

Penyelenggaraan Sail Nias 2019 sendiri mengangkat tema "Nias Menuju Gerbang Destinasi Wisata Dunia". Acara tersebut akan dimeriahkan oleh 18 rangkaian kegiatan menarik yang digelar selama tiga bulan selama Juli hingga September 2019 di 5 Kabupaten/Kota Kepulauan.

Adapun kegiatan menarik yang bisa dinikmati wisatawan selama acara berlangsung, yakni Festival Lompat Batu Sekepulauan Nias, Festival Kebudayaan Kepulauan Batu, Parade Kapal Nelayan Tradisional, Gebyar Kopi , Kuliner, dan Wonderful Foto Tourism Expo, Fishing Tournament Sail Nias, Free Diving Competition, Wind Surfing and Sailing, dan masih banyak lagi.

Puncak acaranya akan dilaksanakan pada 11-14 September 2019 di Teluk Dalam Nias Selatan, Sumatra Utara, dengan beberapa rangkaian kegiatan, yaitu Wonderful Nias Expo 2019, Kejuaraan Surfing International, Pagelaran Budaya dan Kesenian Kolosal, dan Bakti Sosial Surya Baskara Jaya TNI AL.

Hadir sebagai narasumber dalam FMB 9 kali ini antara lain Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendes PDTT Taufik Madjid, Asisten Deputi Seni Budaya dan Olahraga Bahari Kemenko Maritim Kosmas Harefa, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani, Kepala Dinas Pariwisata Pemerintah Provisi Sumatera Utara Ria Nofida Telaumbanua, dan Wakil Bupati Nias Selatan Sozanolo Nduru.

Kegiatan FMB 9 juga bisa diikuti secara langsung di www.fmb9.go.id, FMB9ID_ (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID_IKP (Youtube).