Rilis 3 : Sail Nias, Istimewa Karena Libatkan 4 Kabupaten dan Satu Kota

TANGGAL :
Kamis, 29 Agustus 2019

JAM NAIK BERITA :
15:43:43

MEDIA :
-

JOURNALIST :

NARASUMBER :

TONE :
Pro

TOPIC :
Explore Sail Nias 2019

CATEGORY :

RUBRIC/PAGES :
Berita

PR :

AD :

FILE ORIGINAL :


Jakarta– Sail Nias memiliki makna penting bagi pengembangan pariwisata di Kepulauan Nias, utamanya. Hal itu karena kegiatan tersebut melibatkan empat kabupaten dan satu kota.
Demikian disampaikan lain Perwakilan Panita Sail Nias Taufik Madjid, dalam acara diskusi media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dengan tema "Explore Sail Nias 2019", yang berlangsung di Graha Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Kamis (29/8/2019).

“Selama ini, sudah sekitar 11 acara sail diselenggarakan di Indonesi. Namun acara kali ini menjadi even yang sangat menarik dan spesifik karena melibatkan empat kabupaten dan satu kota yang ada di Kabupaten Nias,” katanya.

Dalam acara Sail Nias, menurut Taufik, seluruh kabupaten dan kota diberikan alokasi kegiatan untuk mendukung acara puncak yang dgihelat ada 14 September 2019. “Perlu diketahui, khsus di Nias Selatan, punya satu spot surving yang merupakan kedua dua terbaik di dunia, sesudah Hawai,” katanya.

Dengan mengusung tema “Nias Menuju Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia”, Taufik juga menegaskan, pihaknya tidak hanya berharap pelaksanaan acara itu bakal meriah. Tapi, sambung di, juga diharapkan ada dampak positif yang diterima oleh wisata bahari Indonesia umumnya, dan khususnya Nias.

“Yang tadinya orang hanya datang untuk surving misalnya, ke depan diharapkan wisatawan baik lokal ataupun mancanegara, lebih memiliki pemahaman atas keunggulan-keunggulan lainnya kawasan Nias, misalnya sebagai destinasi budaya dan wisata bahari lainnya,” katanya.

Pada kesempatan itu, Taufik yang juga menjabat sebagai Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendes PDTT RI mengingatkan bahwa Nias juga memiliki keunggulan tingkat dunia lain, karena panjang garis pantainya merupakan nomor dua di dunia, setelah Kanada.

Selain Taufik, hadir sebagai narasumber dalam FMB 9 kali ini adalah Asisten Deputi Seni Budaya dan Olahraga Bahari Kemenko Maritim Kosmas Harefa, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani, Kepala Dinas Pariwisata Pemerintah Provisi Sumatera Utara Ria Nofida Telaumbanua, dan Wakil Bupati Nias Selatan Sozanolo Nduru.

Kegiatan FMB 9 juga bisa diikuti secara langsung di www.fmb9.go.id, FMB9ID_ (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID_IKP (Youtube).