Rilis 4 : Bersanding Kegiatan Surfing Internasional, Sail Nias Jadi Istimewa

TANGGAL :
Kamis, 29 Agustus 2019

JAM NAIK BERITA :
15:45:45

MEDIA :
-

JOURNALIST :

NARASUMBER :

TONE :
Pro

TOPIC :
Explore Sail Nias 2019

CATEGORY :

RUBRIC/PAGES :
Berita

PR :

AD :

FILE ORIGINAL :


Jakarta - Sail Nias 2019 adalah sail yang istimewa. "Istimewanya, karena untuk pertama kali sail ini bersanding dengan kegiatan surfing. Ini belum pernah terjadi sebelumnya," jelas Asisten Deputi Seni Budaya dan Olahraga Bahari Kemenko Maritim Kosmas Harefa, dalam acara diskusi media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dengan tema "Explore Sail Nias 2019", yang berlangsung di Graha Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Kamis (29/8/2019).
Menurut Kosmas, Sail Nias merupakan sail ke-11. "Yang pertama Sail Bunaken," kata Kosmas. Dia tambahkan, diawal kegiatan sail ditahun 2009, tujuannya adalah untuk mengangkat daerah tertinggal. Namun sejak Sail Sabang, kegiatan sail diarahkan untuk mendorong pariwisata di daerah pelaksana sail.

Terkait surfing, masih kata Kosmas, pantai Nias sudah terkenal sejak lama di kalangan peselancar. Bahkan bisa dibilang yang terbaik di dunia. Karena itu, berbareng dengan Sail Nias 2019 ini bisa dikatakan sebagai era kebangkitan kembali Nias sebagai destinasi wisata kelas dunia.

Berbarengan dengan Sail Nias, akan digelar surfing di pantai Selake. World Surfing League ini dijadwalkan diikuti sekitar 3000 peselancar. "Ini sangat istimewa," kata Kosmas yang tampil bersama nara sumber yang lain. Yakni; Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendes PDTT Taufik Madjid,, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani, Kepala Dinas Pariwisata Pemerintah Provisi Sumatera Utara Ria Nofida Telaumbanua, dan Wakil Bupati Nias Selatan Sozanolo Nduru.

Kegiatan FMB 9 juga bisa diikuti secara langsung di www.fmb9.go.id, FMB9ID_ (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID_IKP (Youtube).