Rilis 6 : Sail Nias 2019, Kesempatan Emas Undang Wisatawan Lokal dan Manca Negara

TANGGAL :
Kamis, 29 Agustus 2019

JAM NAIK BERITA :
15:49:11

MEDIA :
-

JOURNALIST :

NARASUMBER :

TONE :
Pro

TOPIC :
Explore Sail Nias 2019

CATEGORY :

RUBRIC/PAGES :
Berita

PR :

AD :

FILE ORIGINAL :


Jakarta - Masyarakat dan Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) merasa bahagia saat Kepulauan Nias, Sumut, ditetapkan sebagai tuan rumah pelaksanaan “Sail Nias 2019”. Karena akan berdampak besar bagi masyarakat Kepulauan Nias, bagi dari sisi pariwisata maupun perekonomian.
Demikian disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Pemerintah Provisi Sumatera Utara Ria Nofida Telaumbanua dalam acara Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (Dismed FMB’9) dengan tema "Explore Sail Nias 2019" di Graha Pengayoman, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Jakarta, Kamis (29/8/2019).

“Wilayah Kepulauan Nias memang memiliki banyak destinasi yang unik. Mulai dari tradisi lompat batu yang tidak ditemukan di tempat lain, juga ada satu pulau yang memiliki daya tarik berbeda dari pulau-pulau yang lain,” ujar Ria.

Dengan adanya Sail Nias 2019 ini, menurut Kepala Dinas Pemprov Sumut, pemerintahan daerah memiliki peran dan tanggung jawab sendiri. Di mana, sebagai ketua pokja yang diketuai langsung oleh gubernur, tugas fungsinya melakukan koordinasi lintas bidang dan wilayah.

“Meskipun harus kami akui tidak mudah menyelenggarakan acara besar sekelas Sail Nias ini. Namun, seiring waktu berjalan, dengan seluruh kekuatan yang ada, kita sudah lihat bersama-sama, persiapan sudah rampung, sudah ada 90 persen rampung, mulai dari sarana hingga prasarana,” ulas Ria.

Rencananya, menurut Kepala Dinas Pariwisata, pada tangal 4 (September) besok, Pak Menko Maritim (Luhut B. Pandjaitan) akan datang ke lokasi acara didampingi Bapak Gubernur Sumut.

“Satu hal yang kita sambut baik adalah, wilayah kami memiliki kesempatan emas, baik masyarakatnya maupun bagi Pemerintah Provinsi Sumut, untuk mengundang wisatawan baik dari dalam (lokal) maupun luar negeri (manca negara),” jelas Ria.

Untuk itu, Ria menjelaskan, pihaknya dan seluruh pihak yang terkait Sail Nias 2019 ini harus mempersiapkan secara matang keseluruhan acara yang dibutuhkan.

“Seperti diketahui, Pulau Nias cukup antik, posisinya yang berada di Samudera Hindia, yang sesungguhnya memiliki ratusan kepulauan, selain Pulau Nias sendiri yang memang menjadi pulau yang terbesar,” ujar Ria.

Harapannya, Kepala Dinas Pariwisata mengatakan, mudah-mudahan acara Sail Nias 2019 ini bisa menjadi pintu masuk terbukanya pariwisata yang semakin besar bagi Pemprov Sumut.

“Ini merupakan satu kolaborasi kerja lintas kementerian dan pemerintahan daerah. Kami juga salut kepada bapak Presiden Jokowi yang memberikan apresiasi sangat besar atas penyelengaraan acara ini,” ungkap Ria.

Sail Nias 2019 ini, lanjut Kepala Dinas Pariwisata, juga menjadi peluang yang besar karena disesuaikan dengan prioritas gubernur, yakni pariwisata merupakan prioritas program. ”Semuanya menjadi seiring sejalan, antara terbuka lebarnya pariwisata, juga menjaga tradisi lokal,” pungkasnya.

Hadir sebagai narasumber lain dalam Dismed FMB’9 kali ini antara lain Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendes PDTT Taufik Madjid, Asisten Deputi Seni Budaya dan Olahraga Bahari Kemenko Maritim Kosmas Harefa, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani, dan Wakil Bupati Nias Selatan Sozanolo Nduru.

Kegiatan Dismed FMB’9 juga bisa diikuti secara langsung di www.fmb9.go.id, FMB9ID_ (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID_IKP (Youtube).