Kominfo Aktifkan Lagi Internet di Sebagian Wilayah Papua dan Papua Barat

TANGGAL :
Kamis, 5 September 2019

JAM NAIK BERITA :
00:00:00

MEDIA :
Kbr.id

JOURNALIST :

NARASUMBER :

TONE :
Netral

TOPIC :
HOAX Papua

CATEGORY :

RUBRIC/PAGES :
Berita

PR :
Rp. 15.000.000

AD :
Rp. 5.000.000

LINK ORIGINAL :

Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengaktifkan kembali layanan internet di Papua dan Papua Barat mulai Rabu malam (4/9/2019). Namun, pengaktifan baru dilakukan di sebagian wilayah saja.
Menurut rilis resmi Kominfo, dari seluruh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Papua, pengaktifan layanan internet baru dilakukan di 19 kabupaten.

Sedangkan di 10 kabupaten/kota Provinsi Papua lainnya internet masih diblokir, yakni di:

Mimika
Paniai
Deiyai
Dogiyai
Jayawijaya
Pegunungan Bintang
Numfor
Kota Jayapura
Yahukimo
Nabire
Begitupun dari seluruh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Papua Barat, pengaktifan internet baru dilakukan di 10 kabupaten saja.

Wilayah di Provinsi Papua Barat yang internetnya masih diblokir adalah:

Kota Sorong
Kabupaten Sorong
Kota Manokwari
"Pembukaan kembali blokir atas layanan data di sejumlah besar wilayah Papua dan Papua Barat dilakukan setelah berkoordinasi dengan aparat penegak hukum dan keamanan, setelah mempertimbangkan situasi keamanan di wilayah-wilayah tersebut sudah pulih atau normal," kata Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu dalam rilisnya, Rabu (4/9/2019).

Menurut Ferdinandus Setu, sebaran hoaks di Papua dan Papua Barat juga sudah mulai menurun.

"Pemerintah kembali mengimbau kita semua untuk tidak menyebarkan informasi hoaks, kabar bohong, ujaran kebencian, hasutan dan provokasi melalui media apapun termasuk media sosial, agar proses pemulihan kembali seluruh wilayah Papua dan Papua Barat cepat berlangsung," tandasnya.