Rilis 6 FMB 9: Isu Desa Maladministrasi, Kemendagri: Jangan Sampai Gugurkan Semangat Membangun Desa

TANGGAL :
Selasa, 19 November 2019

JAM NAIK BERITA :
16:57:47

MEDIA :
-

JOURNALIST :

NARASUMBER :

TONE :
Pro

TOPIC :
Polemik Dana Desa

CATEGORY :

RUBRIC/PAGES :
Berita

PR :

AD :

FILE ORIGINAL :


Jakarta – Isu fenomena desa maladministrasi, diharapkan tidak lantas menyurutkan semangat berbagai pihak untuk membangun desa.
Demikian ditegaskan Direktur Fasilitas Keuangan dan Aset Pemerintahan Desa Kemendagri Benny Irawan dalam diskusi media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dengan tema "Polemik Dana Desa: Sudah Tepat Guna", bertempat di Ruang Serba Guna, Gedung Utama Kemkominfo, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

“Beberapa waktu terakhir ini kita terlarut pada persoalan yang terjadi di Konawe, Sultra. Saya tegaskan, ini hanya seujung kuku. Jangan sampai isu ini melemahkan dan menggugurkan semangat untuk membangun desa. Persentase persoalan itu hanyalah kecil, dibanding seluruh jumlah desa di Indonesia. Kita tunggu saja verifikasi tim Kemendagri,” katanya.

Benny menyampaikan harapannya, apapun hasil verifikasi timnya tidak hapus perubahan positif yang belakangan mulai tumbuh di tingkat desa.

“Tentu kita bersyukur di era pemerintahan seakarang masyarakat desa mendapatkan dukungan dari pemerintah secara langsung berupa anggaran dana desa. Kondisi ini sangat berbeda dengan pemerintahan sebelumnya. Di mana formatnya langsung ke masyarakat desa, melalui pemerintah desa. Dengan format itu diharapkan anggaran bisa dikelola dengan baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat,” katanya.

Dengan kemampuan memberikan manfaat bagi masyarakat, dia menambakan, maka memunculkan kebanggaan untuk bisa membangun kehidupan sosial yang lebih damai dan harmonis di desa. ”Kalau desa lebih baik, maka negara akan lebih baik ke depannya,” tegas dia.

Turut hadir sebagai narasumber dalam FMB 9 kali ini Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu Astera Primanto Bhakti dan Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemprov Jawa Barat Dedi Supandi.

Kegiatan FMB 9 juga bisa diikuti secara langsung di www.fmb9.go.id, FMB9ID_ (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID_IKP (Youtube).