Rilis 9 FMB 9: Digitalisasi Mempercepat Pemberdayaan di Desa

TANGGAL :
Selasa, 19 November 2019

JAM NAIK BERITA :
17:02:14

MEDIA :
-

JOURNALIST :

NARASUMBER :

TONE :
Pro

TOPIC :
Polemik Dana Desa

CATEGORY :

RUBRIC/PAGES :
Berita

PR :

AD :

FILE ORIGINAL :


Jakarta - Provinsi Jawa Barat termasuk daerah yang menggunakan digitalisasi untuk mempercepat pemberdayaan masyarakat desa.
"Jawa Barat menerapkan strategi namanya Desa Juara. Melalui program Desa Digital untuk mempercepat digitalisasi layanan desa, hal kedua menguatkan produk desa melalui One Village, One Company dan yang ketiga ada Gerbang Desa atau gerakan membangun desa," ujar Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemprov Jawa Barat Dedi Supandi.

Demikian disampaikan Dedi Supandi dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dengan tema "Polemik Dana Desa: Sudah Tepat Guna", bertempat di Ruang Serba Guna, Gedung Utama Kemenkominfo, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Dedi Supandi menambahkan, dengan program digitalisasi desa mempercepat akses telekomunikasi dan internet di beberapa titik desa. Tahun ini, BAKTI Kementerian Kominfo bekerja sama dengan Pemprov Jabar menyediakan 600 titik wifi di perdesaan. Memberikan penguatan pada Sistem Keuangan Desa dan memudahkan layanan perangkat desa.

"Kemiskinan sebenarnya bukan akar keterbelakangan dari desa, namun dengan masyarakat desa memahami potensi desanya maka dengan inovasi mendekatkan produk desa ke pasar," jelas Dedi Supandi.

Ia menambahkan, ditinjau pemanfaatan Dana Desa di Jabar sejak tahun 2015 sampai sekarang jika dihitung sudah berapa banyak jembatan gantung, bertambahnya panjang jalan desa, irigasi serta pasar desa untuk penguatan produk desa serta BUMDes. Hal ini menunjukkan ada kemajuan dan pemberdayaan di tingkat desa.

Turut hadir sebagai narasumber dalam FMB 9 kali ini Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu Astera Primanto Bhakti, Direktur Fasilitas Keuangan dan Aset Pemerintahan Desa Kemendagri Benny Irwan, serta Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Taufik Madjid.

Kegiatan FMB 9 juga bisa diikuti secara langsung di www.fmb9.go.id, FMB9ID_ (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID_IKP (Youtube).