Rilis 2 FMB 9: Galadinner Puncak Hari Nusantara akan Dihadiri Presiden Joko Widodo

TANGGAL :
Rabu, 11 Desember 2019

JAM NAIK BERITA :
13:56:14

MEDIA :
-

JOURNALIST :

NARASUMBER :

TONE :
Pro

TOPIC :
Kesejahteraan Laut

CATEGORY :

RUBRIC/PAGES :
Berita

PR :

AD :

FILE ORIGINAL :


Jakarta - Puncak acara Hari Nusantara jatuh pada 14 Desember 2019. Hari ini, Rabu, 11 Desember 2019 dilaksanakan Tafidz Al-quran yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat.
Selanjutnya, ada juga sejumlah kegiatan bakti sosial dalam bentuk pelayanan kesehatan, memberikan pendidikan tentang penyelamatan untuk para nelayan, dan aksi bersih- bersih pantai serta penanaman manggrov.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Sekjen KemenPUPR) Anita Firmanti Eko Susetyowati dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (Dismed FMB’9) dengan tema "Sudahkah di Atas Laut Kita Sejahtera?" di Ruang Serba Guna KemenPUPR, Jakarta, Rabu (11/12/2019).

“Pada tanggal 13 Desember 2019 malam yang bertepatan dengan Hari Nusantara, akan ada galadinner dalam rangka menyampaikan selamat datang kepada para peserta. Acara puncak disampaikan sambutan dari Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi),” jelas Anita.

Selanjutnya, Sekjen KemenPUPR menjelaskan, ada acara pagelaran kesenian tradisional yang melibatkan 5.000 pelajar untuk memecahkan rekor MURI dan ada juga atraksi terjun payung dan paralayang yang dilakukan oleh sejumlah prajurit TNI.

“Masih dalam rangkaian perayaan Hari Nusantara, Kementerian PUPR akan melakukan grounbreaking pasar di Pariaman yang sebelumnya terbakar serta ada penandatanganan prasasti untuk perbaikan pantai di Gondoriah. Selanjutnya, ada pemberian ribuan bantuan untuk perbaikan rumah,” papar Anita.

Di luar itu, Sekjen KemenPUPR memaparkan, sejumlah program yang dilakukan Kementerian PUPR kepada 5 KPSN Super Prioritas adalah memperbaiki jalan yang mengarah ke seluruh lokasi wisata Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Manado-Bitung-Likupang.

“Tak hanya infrastruktur transportasi, perumahan yang ada di sekitar area wisata tersebut juga diperbaiki oleh PUPR. Selanjutnya, bekerjasama dengan KKP melakukan revitalisai tambak garam dan revitalisasi tambak perikanan serta membangun rumah susun dan khusus nelayan tahun 2015-2019,” pungkas Anita.

Selain Sekjen KemenPUPR Anita Firmanti Eko Susetyowati, turut hadir sebagai narasumber dalam Dismed FMB’9 kali ini antara lain Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi, Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan R. Agus H Purnomo dan Asisten Deputi Bidang Olahraga dan Budaya Maritim Kemenko Kemaritiman dan Investasi Kosmas Harefa.

Kegiatan FMB 9 juga bisa diikuti secara langsung di www.fmb9.go.id, FMB9ID_ (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID_IKP (Youtube).