Rilis 3 FMB 9: Kementerian PUPR Mendukung Penuh Peringatan Hari Nusantara di Pariaman

TANGGAL :
Rabu, 11 Desember 2019

JAM NAIK BERITA :
14:00:20

MEDIA :
-

JOURNALIST :

NARASUMBER :

TONE :
Pro

TOPIC :
Kesejahteraan Laut

CATEGORY :

RUBRIC/PAGES :
Berita

PR :

AD :

FILE ORIGINAL :


Jakarta - “Kementerian PUPR siap untuk mendukung penuh pelaksanaan Peringatan Hari Nusantara di Kota Pariaman,” tegas Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dengan tema "Sudahkah di Atas Laut Kita Sejahtera?" di Ruang Serba Guna Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jakarta, Rabu (11/12/2019).
Menurut Khalawi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap mensukseskan Peringatan Hari Nusantara yang akan dipusatkan di Kota Pariaman, Sumatera Barat. Berbagai kegiatan pun tengah disiapkan seperti peresmian pembangunan infrastruktur dan perumahan, lomba-lomba yang melibatkan masyarakat serta berbagai atraksi dengan melibatkan pemerintah daerah setempat, TNI AL dan dinas setempat.

Khalawi menjelaskan, Peringatan Hari Nusantara merupakan sebuah event yang baik untuk menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara kelautan dan daratan yang tidak terpisahkan. Untuk itu, Kementerian PUPR akan melakukan rapat koordinasi internal untuk pelaksanaan Peringatan Hari Nusantara.

Kementerian PUPR sudah melakukan cek ke lokasi puncak Peringatan Hari Nusantara dan mengkoordinir dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air dan Ditjen Cipta Karya serta TNI AL untuk melihat kelengkapan infrastruktur mengingat pelaksanaan dipusatkan di daerah pantai sehingga kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan baik dan sukses.

Lebih lanjut, Khalawi menerangkan, beberapa kegiatan pembangunan infrastruktur dan perumahan yang telah dilaksanakan Kementerian PUPR antara lain penyaluran Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) sebanyak 1.000 unit untuk masyarakat Kota Pariaman. Bantuan Program BSPS tersebut dilaksanakan oleh SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Sumatera Barat dan tersebar di empat kecamatan di Kota Pariaman.

Setiap unit rumah yang mendapatkan dana BSPS sebesar Rp17,5 juta di mana Rp15 juta diberikan dalam bentuk bahan material dan Rp2,5 juta untuk upah tukang bangunan. Selain itu ada juga pembangunan penahan ombak di sekitar Pantai Gandariah yang akan dijadikan lokasi pusat Peringatan Hari Nusantara yang diperingati setiap tanggal 13 Desember 2019.

Adanya bantuan bedah rumah sebanyak 1.000 unit dari Kementerian PUPR, tentunya sangat membantu masyarakat Kota Pariaman agar bisa memiliki rumah yang layak huni. Program BSPS sampai saat ini masih dibutuhkan mengingat masih banyak rumah yang tidak layak huni di Pariaman.

Hadir dalam FMB 9 kali ini narasumber lainnya Sekjen Kementerian PUPR Anita Firmanti Eko Susetyowati, Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan R. Agus H Purnomo dan Asisten Deputi Bidang Olahraga dan Budaya Maritim Kemenko Kemaritiman dan Investasi Kosmas Harefa.

Kegiatan FMB 9 juga bisa diikuti secara langsung di www.fmb9.go.id, FMB9ID_ (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID_IKP (Youtube).