Rilis 4 FMB 9: Kemenhub: Jadi Anggota Dewan IMO Dukung Pembangunan SDM Unggul

TANGGAL :
Rabu, 11 Desember 2019

JAM NAIK BERITA :
14:02:53

MEDIA :
-

JOURNALIST :

NARASUMBER :

TONE :
Pro

TOPIC :
Kesejahteraan Laut

CATEGORY :

RUBRIC/PAGES :
Berita

PR :

AD :

FILE ORIGINAL :


Jakarta - Terpilihnya Indonesia menjadi anggota Dewan Organisasi Maritim Internasional (International Maritime Organization/IMO) Kategori C periode 2020-2021 memiliki banyak keuntungan bagi kepentingan nasional. Salah satunya adalah pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.
Demikian disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan R Agus H Purnomo dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 bertajuk "Sudahkah di Atas Laut Kita Sejahtera?" yang berlangsung di Gedung SDA Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (11/12/2019).

"Dengan masuk menjadi Dewan IMO, maka kita akan ikut sidang-sidang yang membahas seluruh kebijakan di bidang pelayaran internasional, kita ikut mewarnai di sana. Termasuk juga bagaimana membangun SDM pelayaran yang unggul. Banyak tenaga ahli di anggota IMO yang memberikan pandangan dalam rangka bagaimana SDM kita meningkat," jelasnya.

Di samping itu, untuk memberikan kontribusi yang maksimal sebagai anggota Dewan IMO Kategori C, baik bagi kepentingan nasional maupun internasional, Purnomo menyebutkan Pemerintah Indonesia saat ini juga tengah mendorong agar masa jabatan Dewan IMO diubah menjadi empat tahun.

"Sekarang pemilihan anggota Dewan itu dua tahun sekali. Kita sedang dorong empat tahun sekali supaya kita punya kesempatan berkontribusi lebih banyak, sehingga tidak setiap dua tahun sekali kampanye anggota Dewan. Kita dorong keras itu. Jadi dengan kita masuk di dalam (Dewan IMO), ya mau tidak mau kita pasti terlibat terus pada setiap pengambilan kebijakan," tandasnya.

Turut hadir sebagai narasumber dalam FMB 9 kali ini antara lain Asisten Deputi Bidang Olahraga dan Budaya Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Kosmas Harefa, Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Anita Firmanti Eko Susetyowati, dan Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Khalawi AH.

Kegiatan FMB 9 juga bisa diikuti secara langsung di www.fmb9.go.id, FMB9ID_ (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID_IKP (Youtube).