Digitalisasi Hadir di Tengah-Tengah Kita dan Memberi Manfaat Nyata

TANGGAL :
Jum'at, 20 Desember 2019

JAM NAIK BERITA :
19:59:00

MEDIA :
Kabarilman.com

JOURNALIST :
Redaksi

NARASUMBER :
Darmaningtyas, Pengamat Pendidikan,Iskandar Simorangkir , Deputi Bid. Koordinasi Ekonomi Makro Kemenko Perekonomian ,Kennedy Simanjuntak, Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Kementerian PPN/Bappenas

TONE :
Pro

TOPIC :
Transformasi Digital

CATEGORY :
-

RUBRIC/PAGES :
Berita

PR :
Rp. 15.000.000

AD :
Rp. 5.000.000

LINK ORIGINAL :

Tanpa disadari, perkembangan digital dewasa ini memberikan pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat. Meskipun, kata pengamat Pendidikan Darmaningtyas mengatakan bahwa Digitalisasi saat ini tidak bisa mengubah hal-hal yang fundamental.
"seperti halnya berkaitan dengan kebutuhan makanan bergizi, kebutuhan minum, kebutuhan air bersih, kebutuhan air sehat dan sebagainya" kata Darmaningtyas di Forum Merdeka Barat 9 di Jakarta, Jumat (20/12).

Menurutnya, digitalisasi itu sebuah keniscayaan. Tidak bisa dihindari, karena manfaatnya terasa langsung di masyarakat. Sambung Darmaningtyas agar jangan sampai terjadi kesenjangan terjadi di masyarakat.

Hadir pula pembicara lainnya yakni Iskandar Sekretaris Iskandar dari Kementerian Ketenagakerjaan, Ketua Sekretaris DNKI mengatakan bahwa kunci utama digitalisasi adalah inovasi.


"Saya yakin bahwa dengan adanya ekonomi digital akan banyak tercipta pekerjaan baru, diprediksi akan tercipta 27 sampai 46 juta pekerjaan baru" kata bapak Iskandar lebih jauh mengenai hal ini.

Saya sendiri sebagai blogger merasa tertarik dengan adanya digitalisasi yang terjadi di masyarakat. Perkembangan digitalisasi seperti halnya saya berangkat kerja pun dapat saya rasakan setiap hari. Nah, naik ojek online adalah salah satunya. Betul ga?

Tidak saja mengenai ojek online, bahkan saya sendiri beberapa waktu lalu membeli sepatu kantor dengan membeli di e-commerce yang ada di Indonesia, sebab praktis dan bisa dipesan secara online.

Lebih menarik ya manteman, ternyata digitalisasi begitu melekat manfaatnya hingga masyarakat tahu betul akan manfaat yang selama ini dijalani.

Seperti apa yang disampaikan oleh Kennedy Simanjuntak sebagai Deputi bidang Sarana dan Prasarana Bappenas mengungkapkan bahwa transformasi digital dilakukan di segala bidang. Termasuk di pemerintahan.

“Sudah beberapa tahun ini pemerintah melakukan transformasi digital di sejumlah bidang. Pertama dengan menggelar pemerintahan yang berbasis elektronik,” ucapnya dalam kesempatan menjadi pembicara di Forum Merdeka Barat 9.

Menurutnya, lewat pemerintahan berbasis elektronik, Kennedy menerangkan bahwa terjadi efisiensi dan efektivitas kerja ASN. Yakni, sambung dia, dengan menggunakan waktu yang optimal untuk kegiatan yang menambah nilai (value added activities).