Asian Games Bakal Kerek Pariwisata RI

TANGGAL :
Senin, 14 Mei 2018
JAM NAIK BERITA :
08:24:44
MEDIA :
Harian Kontan

JOURNALIST :
Redaksi

NARASUMBER :
Arief Yahya, Menteri Pariwisata

TONE :
Pro

TOPIC :
Asian Games 2018

CATEGORY :
Kementerian Pariwisata

RUBRIC/PAGES :
Hal. 20

FILE ORIGINAL :


Jakarta - Asian Games ke-18 akan berlangsung di Jakarta dan Palembang pada Agustus 2018 mendatang. Pesta olahraga terbesar di Benua Asia ini berpotensi mengerek perekonomian Indonesia.
Menteri Pariwisata arief yahya mengatakan, Asian Games 2018 bakal mendatangkan keuntungan buat negara kita. Sebab, ada 45.000 atlet dan official team dari 45 negara Asia yang akan hadir. "Peluang tersebut harus dimanfaatkan dengan maksimal," ujar Arief, Minggu (13/5).

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menghitung, nilai belanja pengunjung, atlet, staf, dan wartawan, baik asing maupun lokal, selama event olahraga empat tahunan tersebut total mencapai Rp 3,6 triliun. Dari angka itu, perputaran uang terbesar akan terjadi di Jakarta sebagai arena utama Asian Games 2018 sebesar 70%. Sisanya yang 30% bakal berputar di Palembang.

Potensi ekonomi terbesar berasal dari wisatawan mancanegara dan domestik yang datang sebagai pendukung masing-masing negara yang berlaga di Asian Games 2018. Hitungan Bappenas, para pendukung tersebut akan menyumbang pendapatan terbesar selama perhelatan Asian Games 2018, mencapai 88% dari total nilai belanja.

Arief menargetkan, sekitar 170.000 wisatawan mancanegara (wisman) datang selama pagelaran Asian Games 2018. Tak ingin kehilangan momentum, Indonesia telah menyiapkan 76 paket wisata Asian Games untuk tujuh destinasi wisata di tanah air. Menurut Arief, dengan penyelenggaran Asian Games 2018, pertumbuhan sektor pariwisata tahun ini bisa mencapai 22%.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menambahkan, pemerintah akan memanfaatkan media asing yang meliput Asian Games 2018 untuk mempromosikan negara kita. "Asian Games akan ditonton oleh lima miliar penduduk Asia," ujarnya. Hasil liputan media dari berbagai negara tentu juga akan memberikan informasi soal Indonesia pada pihak luar.

Berdasarkan data Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC), terdapat 7.000 wartawan yang mendaftar untuk meliput Asian Games 2018. Salah satunya adalah China yang akan menyiarkan langsung sejumlah pertandingan. "China akan menyiarkan terus menerus Asian Games selama 12 jam sehari," kata Rudiantara.

China kabarnya mengirim 3.000 atlet dan staf ke Asian Games 2018. Penayangan Asian tersebut akan berdampak pada ekonomi Indonesia dan menjadi daya tarik bagi turis asing untuk datang.