Rilis 4: Jasa Marga: Puncak Mudik Lebaran tanggal 9 Juni, Puncak Arus Balik 21 Juni

TANGGAL :
Kamis, 7 Juni 2018
JAM NAIK BERITA :
16:47:10
MEDIA :
-

JOURNALIST :

NARASUMBER :

TONE :
Pro

TOPIC :
Kesiapan Infrastruktur Mudik 2018

CATEGORY :

RUBRIC/PAGES :
Berita

FILE ORIGINAL :


JAKARTA - PT Jasa Marga selaku pihak pengelola banyak ruas jalan tol mengatakan bahwa yang keluar Jakarta melewati gerbang utama seperti Cikarang, Cikupa, Ciawi dan juga Bitung itu totalnya kira-kira 1,4 juta kendaraan. Maka adacpeningkatan peningkatan 3,61% ketimbang tahun lalu. " Ada 50% lebih itu akan melewati pintu tol Cikarang Utama. Nanti terbagi lagi lagi 50% ke arah Bantura dan sisanay ke arah Bandung. Sedangkan arus baliknya relatif hampir sama, kita perkirakan sektar 1,5 juta kendaraan. Perkiraan kami di hari Sabtu besok (8/6) akan terjadi puncak mudik. Jumat (8/6) selsai jam kantor mudik sudah mulai jalan." Demikian disampaikan Vice President Operation Manajemen Jasamarga, Cahya AB dalam Forum Merdeka Barat (FMB) dengan tema "Mudik 2018 Guyub, Aman, dan Nyaman" di Ruang Serba Guna Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Kamis (7/6/2018).
Untuk kesiapan ruang tol terjauh, menurut Cahya AB Jakarta-Solo sudah siap. Ia melanjutkan bahwa tanggal 12,13,14 Juni akan terjadi pengaturan kendaraan berat.
Ia melanjutkan bahwa untuk arus balik, akan ada dua hari puncak arus balik. "Puncak pertama tanggal 20 Juni, karena tanggal 21 sudah masuk kerja.Puncak kedua, tanggal 24 Juni," papar Cahya AB lagi.

Pelayanan Tempat Istirahat
Sementara dari sisi pelayanan, perusahaan BUMN ini menyediakan 68 rest area atau tempat istirahat dan pelayanan (TIP), tempat istirahat (TI), parking bay (PB), dan tempat istirahat sementara (TIS). PT Jasa Marga (Persero) Tbk memastikan kesiapan rest area melayani pada arus mudik dan balik tahun ini. PT Jasa Marga (Persero) Tbk memastikan kesiapan rest area melayani pada arus mudik dan balik tahun ini.

Rest area tersebut berada di jalan tol yang sudah beroperasi dan fungsional di sepanjang jalur dari Jakarta hingga Surabaya. Sejumlah fasilitas pun ditambah di rest area tersebut, misalnya toilet, khususnya toilet wanita, yaitu 77 unit. Untuk di rest area yang berada di jalan tol fungsional, Jasa Marga menempatkan 316 unit toilet portabel. Di samping itu, Jasa Marga juga membuat sistem zoning atau manajemen lalu lintas di dalam rest area agar arus kendaraan bisa terdistribusi dengan baik.

Nantinya akan dibuat jalur khusus untuk kendaraan sesuai keperluannya, misalnya yang akan mengisi bahan bakar minyak (BBM), ke toilet, atau ke tempat makan. Ruang komersial di area parkir pun ditiadakan sehingga kapasitas parkir bisa lebih banyak.

Dari segi keamanan dan ketertiban, Jasa Marga juga menambah CCTV yang tersambung dengan JM Care agar lalu lintas kendaraan di dalam rest area bisa dipantau. Jika terjadi kepadatan di satu rest area akan dialihkan ke rest area berikutnya dan diumumkan kepada pengguna jalan tol melalui variable message sign (VMS). Juga disedikan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) dan tercukupinya kebutuhan BBM bagi para pemudik, Jasa Marga juga telah memastikan kesiapannya. Hal ini dilakukan dengan menambah kios BBM atau SPBU portabel yang bekerja sama dengan Pertamina untuk mengantisipasi kepadatan antrean di SPBU.

Turut hadir sebagai narasumber FMB 9 kali ini antara lain Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kemenhub Bambang Prihartono, Kepala Sub Direktorat Analisa Data dan Pengembangan Sistem Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Nazib Faisal, dan Vice President Operation Management PT Jasa Marga Bagus Cahya AB.

Kegiatan FMB 9 juga bisa diikuti secara langsung di: www.fmb9.id, FMB9ID (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID (Youtube).