Jutaan Kendaraan Lintasi Gerbang Tol Utama

TANGGAL :
Jum'at, 8 Juni 2018
JAM NAIK BERITA :
07:03:15
MEDIA :
Indo Pos

JOURNALIST :

NARASUMBER :

TONE :
Pro

TOPIC :
Kesiapan Infrastruktur Mudik 2018

CATEGORY :

RUBRIC/PAGES :
Berita

FILE ORIGINAL :


Jakarta - Jutaan kendaraan pemudik diprediksi akan melewati sejumlah Gerbang Tol Utama. Seperti Cikarang, Cikupa, Ciawi, dan juga Bitung. Pihak Jasa Marga memprediksi sekitar 1,4 juta kendaraan, meningkat 3,61 persing dibanding tahun 2017 lalu.
Puncak arus mudik diperkirakan mulai Sabtu. Di mana, sekitar 50 peisen lebih arus mudik akan melewati pintu tol Cikarang Utama. "Nanti, terbagi 50 persen ke arah Pantura dan sisanya ke arah Bandung," tutur Vice President Operation Manajemen Jasamarga, Cahya AB dalam forum merdeka Barat (FMB) Mudik 2018 Guyub, Aman, dan Nyaman di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), di Jakarta, Kamis (7/6).

Sedang arus balik menurut Cahya, relatif hampir sama. Pihaknya, memperkirakan sektar 1,5 juta kendaraan "Perkiraan kami, pada hari Sabtu akan terjadi puncak mudik," imbuhnya.

Untuk kesiapan ruang tol terjauh, menurut Cahya AB Jakarta-Solo sudah siap. Ia melanjutkan pada 12,13,14 Juni akan terjadi pengaturan kendaraan berat. Untuk arus balik, akan ada dua hari puncak arus balik. "Puncak pertama pada 20 Juni, karena pada 21 sudah masuk kerja. Puncak kedua, pada 24 Juni," urainya.

Pihaknya, juga menyediakan 68 rest area atau tempat istirahat dan pelayanan (TIP), tempat istirahat (TI), parking bay (PB), dan tempat istirahat sementara (TIS). Rest area itu berada di jalan tol sudah beroperasi dan fungsional sepanjang jalur Jakarta hingga Surabaya. Sejumlah fasilitas ditambah pada rest area tersebut, misalnya toilet, khususnya toilet wanita, yaitu 77 unit