ASDP Siagakan 36 Kapal, Antisipasi Lonjakan H-2 Arus Balik

TANGGAL :
Rabu, 13 Juni 2018
JAM NAIK BERITA :
10:02:40
MEDIA :
Indopos.co.id

JOURNALIST :
Redaksi

NARASUMBER :
Fahmi Alweni, General Manager ASDP Merak

TONE :
Pro

TOPIC :
Mudik Guyub Aman

CATEGORY :
-

RUBRIC/PAGES :
Berita

LINK ORIGINAL :

Menjelang puncak Arus mudik, sedikitnya 36 kapal disiagakan oleh PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Banten untuk mengangkut penumpang.
Memasuki dua hari jelang lebaran (H-2) pada Rabu (13/6), General Manajer ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Fahmi Alweni memastikan 36 kapal tersebut dioperasikan selama 24 jam, Guna mengantisipasi lonjakan penumpang.

“Dari 63 kapal yang tersedia, yang beroperasi 24 jam ada 36 kapal. Satu kapalnya bisa delapan kali menjalani trip Merak Bakauheni," kata Fahmi saat mengajak awak media tour guide di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (12/6).

Bahkan sejak H-5, pihaknya telah mengoperasikan kapal berukuran besar. Namun dari enam dermaga yang beroperasi, hanya dermaga IV yang mengoperasikan kapal berukuran sedang. "Kapasitasnya di atas 8 ribu hingga 12 ribu GT," tambah dia.

Berdasarkan data ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, sepanjang arus mudik lebaran tahun ini tercatat sebanyak 270 kapal dioperasikan, dengan 144 kali trip setiap harinya untuk angkutan penyeberangan.

Sebagai langkah antisipasi dari Kementerian Perhubungan, 58 kapal dan enam dermaga pun turut disiagakan di Pelabuhan Merak, Banten.

“Angkutan laut khususnya penyeberangan diprediksi di Merak nanti. Sore atau malam hari (H-2) lebaran terjadi lonjakan,” kata Ketua Harian Posko Nasional Angkutan Lebaran 2018, Junaedi.