Kemenkominfo Buka Tenda Layanan Informasi bagi Pemudik

TANGGAL :
Rabu, 13 Juni 2018
JAM NAIK BERITA :
13:15:20
MEDIA :
Indopos.co.id

JOURNALIST :
Redaksi

NARASUMBER :
Niken Widiastuti, Dirjen IKP Kominfo

TONE :
Pro

TOPIC :
Mudik Guyub Aman

CATEGORY :
-

RUBRIC/PAGES :
Berita

LINK ORIGINAL :

Kementerian Komunikasi dan Informasi membuka Tenda Publik untuk memberikan layanan informasi untuk pemudik 2018. Kegiatan ini menjadi bagian dari Program “Mudik Guyub Rukun, Aman dan Nyaman”.
Program tersebut merupakan bentuk komitmen antarkementerian, lembaga negara, BUMN, dan kepolisian dalam menyelenggarakan mudik aman dan nyaman bagi para pemudik.

Salah satu program andalan dalam Mudik Guyub Rukun Aman dan Nyaman ini adalah, Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (Dismed FMB9). Kali ini media-media berdiskusi di Kantor ASDP Pelabuhan Merak, Banten, bukan di Gedung Kemenko info, Jalan Merdeka Barat 9.

“FMB 9 merupakan forum pers briefing yang diselenggarakan oleh Kemkominfo secara rutin setiap satu minggu sekali dengan mengangkat tema yang sedang update,” jelas Dirjen IKP Kemenkoinfo, Rosita Niken.

Menyambut Hari Raya Idul Fitri tahun 2018 ini, menurut Dirjen IKP, sejumlah kementerian dan lembaga negara serta BUMN bersinergi bersama untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pemudik.

“Pemerintah serius memberikan sarana dan prasarana terbaik selama masa arus mudik dan arus balik selama perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Seluruh Kementerian dan Lembaga Negara memberikan pelayanan sesuai dengan tupoksi masing-masing,” jelas Niken.

Dirjen IKP menjelaskan, seperti mengendalikan harga-harga sembako hinga relatif terkendali. Selanjutnya, sarana transportasi betul-betul dilakukan pengaturan dengan baik sehingga bisa terselenggara dengan lancar, aman dan nyaman.

“Tak dapat disangkal, dengan adanya sarana yang terus meningkat, seperti jalan tol dan lain, membuat para pemudik bisa nyaman dan aman saat melakukan arus mudik maupun arus balik,” ujar Niken

Terkait keamanan, Dirjen IKP mengungkapkan, menurut data pihak Kepolisian, kecelakaan lalu lintas (lakalantas) turun sampai 50 persen. Sedangkan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaksanakan mudik gratis dan memberikan fasilitas mengangkut sepeda motor pemudik dengan kapal.

“Para pemudik sepeda motor diantarkan langsung ke wilayah masing-masing, bekerjasama dengan kementerian BUMN dan instansi lainnya dengan memberikan sarana bus dan pengangkutan sepeda motor para pemudik,” papar Niken.

Sementara, dalam program Mudik Guyub dan Rukun, Kementerian Kominfo membuka tenda publik yang tersebar di sembilan kota di Indonesia. Salah satunya termasuk di Merak, Banten

“Tenda Publik Kemenkominfo memberikan layanan informasi untuk masyarakat pemudik terkait layanan mudik dan arus balik hingga informasi seputar penyelenggaraan Asian Games. Kominfo juga menyiapkan Ayo Mmudik yang bisa diakses oleh masyarakat di ayomudik.go.id,” pungkas Niken.