Bantu Perputaran Roda Ekonomi, PUPR Lakukan Penghematan

TANGGAL :
Jum'at, 10 Agustus 2018
JAM NAIK BERITA :
20:30:26
MEDIA :
Rmol.co

JOURNALIST :
Redaksi

NARASUMBER :
Widiarto, Inspektur Jenderal Kementerian PUPR

TONE :
Pro

TOPIC :
Efisiensi Anggaran

CATEGORY :
-

RUBRIC/PAGES :
Berita

LINK ORIGINAL :

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melakukan penghematan guna mengimplementasikan perputaran roda ekonomi masyarakat.
"Sekarang tidak ada perubahan nilai APBN tahun ini tapi prinsipnya kita penghematan, kita refokusing penggunaan belanja," ungkap Widiarto Irjen Kementerian PUPR kepada para Wartawan di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat (10/8).

Dia menuturkan, hal tersebut diupayakan melalui pengalihan belanja yang lebih produktif, khususnya belanja modal. Sama halnya yang akan dilakukan pada tahun depan.

"Di samping kita perbesar belanja modal tapi belanja infrastruktur berbasis masyarakat pun kita perbesar. Karena kita ingin memutar roda ekonomi di masyarakat lebih banyak," jelas Widiarto.

Salah satu refokusing yang dilakukan adalah melalui Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), di mana Kementerian PUPR akan memilih proyek-proyek yang bersifat urgensi.

"Secara ekonomik memang investor tertarik. Jadi, kita arahkan untuk lintas timur Sumatera, lintas barat dan tengah Sumatera plus perbaikan jembatan sepanjang Pantura Jawa, prioritasnya itu. Semuanya Availability Payment (AP), itu skema baru," papar Widiarto.

Dengan begitu, Kementerian PUPR akan melakukan lelang pada tahun depan. Yang diharapkan bulan Oktober atau November 2018 ini sudah dimulai penawaran.

"Jadi, setelah anggarannya disetujui DPR kita langsung lelang. Kita harap makin cepat lelang, makin cepat kontrak, makin cepat berputar roda ekonomi di masyarakat," demikian Widiarto.