Rilis 1 FMB9: Update Tanggap Bencana Sulteng

TANGGAL :
Kamis, 4 Oktober 2018

JAM NAIK BERITA :
16:08:17

MEDIA :
-

JOURNALIST :

NARASUMBER :

TONE :
Pro

TOPIC :
Update Tanggap Bencana Sulteng

CATEGORY :

RUBRIC/PAGES :
Berita

PR :

AD :

FILE ORIGINAL :


JAKARTA(04/10/2018) - Penanganan pascagempa Sulawesi Tengah sudah memasuki hari ke-6. Pemerintah bersama-sama seluruh elemen masyarakat bahu membahu memulihkan kondisi di daerah dampak bencana gempa. Sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo dalam sidang kabinet ada tujuh prioritas penanganan pascagempa Sulteng. Pertama, proses evakuasi dan pencarian korban; kedua, penanganan medis dan korban meninggal; ketiga, percepatan pemulihan jaringan listrik; keempat, percepatan pasokan BBM; kelima, distribusi logistik dan pangan; keenam; percepatan jaringan telekomunikasi; dan ketujuh, koordinasi penerimaan bantuan asing. Sampai pukul 13.00 WIB Rabu 3 Oktober 2018, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mendata jumlah korban meninggal sudah mencapai 1.407 jiwa. Adapun perkembangan mutakhir terkait pemulihan jaringan telekomunikasi, kondisi STO 100% normal setelah memakai genset. Backbone jaringan Palu–Donggala dan Palu-Parigi-Manado sudah 100% pulih Sedangkan, kondisi Base Transceiver Station (BTS) Sulteng dari total 3.133 baru pulih 50,7%, Kota Palu ada BTS 203 buah baru 46 yang pulih, 126 dalam proses recovery dan 17 masih down. Seluruh BTS sementara ini menggunakan baterai.
Saat ini, sudah tersedia layanan telepon dan wifi gratis pada 11 titik antara lain : Makorem Palu, Bandara Mutiara, Kantor Walikota, Kantor Gubernur, RS Undata, BPBD Donggala, dan RRI. Pihak Kementerian Kominfo dan Operator Telekomunikasi juga sudah menyediakan VSAT dan telepon satelit di sejumlah titik khususnya kantor pemerintah dan rumah sakit.

Menyangkut suplai listrik, kapasitas sebelum gempa 125 MW, diperkirakan pascagempa ini akan turun beban sekitar 30%. Selain beberapa titik strategis perkotaan, mulai diaktifkan lokasi bisnis, dari 8 rekomendasi, baru 6 yang aktif.Pasokan BBM di Palu sudah didukung oleh 41 SPBU portable jalan per Kamis 4 Oktober ini. Sebanyak perbantuan 100 petugas SPBU sudah didatangkan dari Makassar.

Ketersediaan saat ini untuk Solar 22 hari dan Premium untuk 7 Hari. Mengenai perkembangan penanganan pascagempa di Sulteng, Kementerian Kominfo mengadakan Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 bertajuk "Update Tanggap Bencana Sulteng" di Kantor Pusat BNPB Jakarta, Kamis (4/09/2018). Hadir sebagai narasumber Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Biro Perencanaan Basarnas Abdul Haris, dan Paban I/Renops TNI Kol (Pnb) Danet Hendriyanto.

Diharapkan, BNPB memaparkan secara umum tentang pencapaian yang sudah dilakukan, update jumlah kapal dan bantuan yang masuk ke Kawasan bencana Palu-Donggala dan menampilkan peta keseluruhan kerusakan yang terjadi berbasis pada kejadian gempa, tsunami, dan likuifaksi. BASARNAS dan TNI menyampaikan proses evakuasi dan pemetaan daerah evakukasi korban serta jumlah perbantuan personel di wilayah Sulteng. Adapun BMKG menyampaikan ada atau tidaknya potensi gempa susulan di Sulteng, menyampaikan perihal ancaman bencana di daerah lain yang dapat berpotensi, dan menyampaikan roadmap mitigasi selanjutnya.

Kegiatan FMB 9 juga bisa diikuti secara langsung di: www.fmb9.id, FMB9ID (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID (Youtube).