Rilis 2 : Kerahkan 10 Pesawat Herculas, TNI Operasi Bersama dengan BNPB dan BASARNAS

TANGGAL :
Kamis, 4 Oktober 2018
JAM NAIK BERITA :
16:11:10
MEDIA :
-

JOURNALIST :

NARASUMBER :

TONE :
Pro

TOPIC :
Update Tanggap Bencana Sulteng

CATEGORY :

RUBRIC/PAGES :
Berita

FILE ORIGINAL :


JAKARTA - Undang-Undang (UU) No. 24 Tahun 2017 tentang Penanggulangan Bencana telah mengamanatkan, semua kendali ada di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Namun, Tentara Nasional Indonesia (TNI) memiliki program operasi.
Penegasan itu disampaikan Paban I/Renops TNI Kol (Pnb) Danet Hendriyanto dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (Dismed FMB’9) bertajuk "Update Tanggap Bencana Sulteng" di Kantor Pusat BNPB, Jakarta, Kamis (4/9/2018).

“Sehingga, begitu ada bencana, satuan TNI sudah siap. Namun, setelah adanya bencana, satgas terbentuk melakukan operasi pencarian bersama dengan SAR dan BNPB,” jelas Danet.

Saat ini, menurut Danet, TNI telah mengerahkan pesawat herkules 10 unit, pesawat CN 9 unit, heli fi 17 2 unit, kemudian kapal perang 4 unit, pesawat KAA TNI 1 unit, mobil truck tangki, ambulan dan sebagainya.

“Seperti yang sudah disampaikan Pak Sutopo, ada dari luar negeri, yakni pesawat Hercules 2 unit. Kemudian personil sudah ada 4.044 orang. Mereka bekerja sesuai dengan apa yang dilakukan rekan-rekan BNPB dan SAR. Apapun yang menjadi kerjaan di lapangan, semua ikut turun,” pungkas Danet.

Selain Danet Hendriyanto, narasumber lain yang hadir adalah Kepala Pusat Informasi Gempa dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dan Kepala Biro Perencanaan Basarnas Abdul Haris.

Kegiatan FMB 9 juga bisa diikuti secara langsung di www.fmb9.id, FMB9ID (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID (Youtube).