Rilis 6: BNPB: Empat Kecamatan di Sulteng Masih Terisolasi

TANGGAL :
Kamis, 4 Oktober 2018

JAM NAIK BERITA :
16:17:03

MEDIA :
-

JOURNALIST :

NARASUMBER :

TONE :
Pro

TOPIC :
Update Tanggap Bencana Sulteng

CATEGORY :

RUBRIC/PAGES :
Berita

PR :

AD :

FILE ORIGINAL :


JAKARTA - Masih ada empat kecamatan di Sulawesi Tengah yang terisolasi dampak dari bencana gempa bumi, tsunami, dan likuifaksi yang terjadi pada Jumat pekan lalu . Demikian disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dengan tema "Update Tanggap Bencana Sulteng", bertempat di Lobi Graha BNPB, Jakarta, Kamis (4/10/2018).
"Masih ada 4 kecamatan yang terisolasi, yaitu Lindu, Kolawi, Kolawi Selatan dan Titikor. Jadi distribusi bantuan dilakukan menggunakan helikopter, termasuk dropping pasukan," katanya.
Isolasi keempat kawasan itu, menurut Sutopo, terjadi karena jalurnya sulit. "Makanya kami menurunkan personel untuk terus menyalurkan logistik," katanya.

Kini, dari 25 unit alat berat, Sutopo menjelaskan, sudah ada 7 yang dikerahkan dan rencananya akan segera ditambah. Meskipun terisolir, Sutopo mengatakan, tim SAR gabungan juga telah berada di sana. Bahkan, sambung dia, Kepala Basarnas juga ada di sana.

"Di sana luas areal sekira 110 hektar, mungkin tidak terlihat lagi. Distribusi bantuan logistik terus berdatangan menggunakan Herkules dan kapal. Distribusi pun dilakukan dengan berbagai cara, ada yang langsung di drop ketempat dan ada juga yang diambil langsung ke posko oleh aparat setempat," pungkasnya.

Turut hadir dalam FMB 9 kali ini, antara lain, Kepala Biro Perencanaan Basarnas Abdul Haris dan Paban I/Renops TNI Letkol Pnb Danet Hendriyanto. Kegiatan FMB 9 juga bisa diikuti secara langsung di: www.fmb9.id, FMB9ID (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID (Youtube).