Pemprov Sulteng Siapkan Hunian Sementara

TANGGAL :
Jum'at, 12 Oktober 2018

JAM NAIK BERITA :
10:11:50

MEDIA :
Suaramerdeka.com

JOURNALIST :
Redaksi

NARASUMBER :
Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi & Humas BNPB

TONE :
Pro

TOPIC :
Update Tanggap Bencana Sulteng Sesi VIII

CATEGORY :
-

RUBRIC/PAGES :
Berita

PR :

AD :

LINK ORIGINAL :

Jakarta - Pemprov Sulawesi Tengah segera menyiapkan hunian sementara (huntara) dan hunian tetap (huntap) untuk korban gempa-tsunami di Palu, Donggala dan sekitarnya. Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, Pemprov Sulteng telah berkoordinasi dengan Pemkot Palu dan Pemkab Sigi serta Donggala terkait lahan huntara bagi korban yang kehilangan rumah. “Hunian sementara diberikan sambil menunggu hunian tetap. Huntara lebih nyaman daripada tenda atau barak dan bisa menampung satu kepala keluarga atau lebih, tergantung desain dan keinginan para korban,” kata Sutopo dalam keterangan pers di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (11/10).
“Pembangunan huntara akan selesai dua bulan dan dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU Pera. Dunia usaha, pemda, dan NGO dapat menyumbang pembangunan huntara,” ucapnya.

Terkait lokasi, pemerintah daerah telah menyiapkan lokasi di Duyu, Palu bagi korban dari Perumnas Balaroa dan lahan di Ngatabaru, Sigi untuk korban dari Petobo.

Sejauh ini, BNPB mencatat bahwa akibat gempa yang terjadi pada Jumat (28/9) sebanyak 67.310 unit rumah, tersebar di Kota Palu sebanyak 65.733 unit, di Kabupaten Sigi 879 unit, dan di Kabupaten Donggala 680 unit rusak. Masyarakat yang mengungsi terdata sekitar 87 ribu orang, dengan korban meninggal sudah mencapai 2.073 orang.