BMKG Adakan Program Edukasi Bencana ke Sekolah-sekolah Daerah

TANGGAL :
Sabtu, 9 Februari 2019

JAM NAIK BERITA :
06:36:30

MEDIA :
Akurat.co

JOURNALIST :
Redaksi

NARASUMBER :
Rahmat Triyono, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG

TONE :
Pro

TOPIC :
Potensi dan Mitigasi Kebencanaan

CATEGORY :
BMKG

RUBRIC/PAGES :
Berita

PR :
Rp. 9.000.000

AD :
Rp. 3.000.000

LINK ORIGINAL :

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengadakan kegiatan edukasi ke sejumlah daerah mengenai kebencanaan. Program tersebut dinamakan 'BMKG Go to School'.
"Kita tahun ini sudah menganggarkan untuk BMKG yang ada di daerah mendatangi sekolah-sekolah yang rawan bencana, khususnya gempa bumi dan tsunami," ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 bertema ‘Potensi dan Mitigasi Kebencanaan’ di Gedung BMKG, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/2).

Pihaknya menunjuk unit pelaksana teknis (UPT) Geofisika untuk memberikan edukasi bencana sejak dini, khususnya pada sekolah-sekolah yang ada di daerah rawan bencana gempa bumi dan tsunami.

"Bagaimana menghadapi gempa bumi dan bagaimana cara evakuasi, dan tahun ini akan kita laksanakan secara bergantian di beberapa tempat ya, kita akan mendatangi sekolah-sekolah," katanya.

Rencananya, BMKG akan menyesuaikan jadwal dari sekolah tersebut dan menghindari saat siswa sedang libur atau ujian. Kegiatan itu sendiri akan dilaksanakan tahun ini.

Di daerah, lanjut Rahmat, BMKG menerima kunjungan sekolah, guru-guru maupun kepala sekolah agar mengajak siswa sekolahnya ke UPT BMKG dalam melihat langsung peralatan yang digunakan serta prosedur evakuasi.

"Untuk anak-anak sekolah tentu kita memberikan materi yang berbeda-beda. Misalnya, kalau anak SD kita memutar film evakuasi dan mitigasi," pungkasnya.