Hilirisasi Produk Daerah di Sumatera Utara, Berdaya Kelola Bahan Baku di Negeri Sendiri

TANGGAL :
Jum'at, 22 Maret 2019

JAM NAIK BERITA :
07:46:25

MEDIA :
Kompasiana.com

JOURNALIST :

NARASUMBER :

TONE :
Pro

TOPIC :
Hilirisasi Produk Daerah

CATEGORY :

RUBRIC/PAGES :
Berita

PR :
Rp. 9.000.000

AD :
Rp. 3.000.000

LINK ORIGINAL :

Sumatera Utara, semakin aku mengenal provinsiku semakin aku bangga tinggal di Tanah Deli ini. Dengan luas daratan 71.680 km2, Sumatera Utara terkenal luasnya perkebunan sejak dulu hingga kini. Baik dikelola perusahaan swasta maupun negara. Hasil perkebunan menjadi penyumbang devisa terbesar bagi Indonesia.
Provinsi Sumatera Utara kini memiliki jumlah penduduk 14 juta dengan Kota Medan sebagai pusat pemerintahan. Dulunya kota ini merupakan kota perdagangan bahkan sampai sekarang, sehingga Kota Medan disebut juga The City of Trader.

Nah, berbicara mengenai perdagangan khususnya yang terjadi antar daerah di Sumatera Utara, pada Rabu 20 Maret 2019 bertepat di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Lt.2, aku menghadiri undangan dari Forum Merdeka Barat 9 Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia atau disingkat FMB9.

Sekilas Tentang Forum Merdeka Barat 9

Forum Merdeka Barat 9 atau FMB9 itu apa? Kepo ya? Iya kepo banget, apalagi aku haha. Ternyata FMB9 adalah forum resmi pemerintah hasil inisiasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia atau KEMENKOMINFO RI.

Forum ini menyampaikan informasi strategis, kebijakan lintas sektoral dan klarifikasi isu yang berkembang di masyarakat melalui dialog langsung dengan menghadirkan menteri, pemimpin lembaga yang pada akhirnya jadi acuan informasi terpercaya ( fact checking ).

Aku baru tahu ada wadah diskusi begini, sehingga apa yang menjadi keresahan dalam masyarakat terkait segala kebijakan dan isu bisa dikonfirmasi dan diluruskan, hal ini sejalan dengan tagline FMB9, informasi akurat, data valid dan narasumber terpercaya.

More info tentang FMB9 follow akun IG: @fmb9.id , twitter: @FMB9ID_ , FB: @FMB9_Indonesia, Youtube: Forum Merdeka Barat 9

Kali ini FMB9 memfasilitasi diskusi dengan tema Arus Besar Hirilisasi Produk Daerah dan Perdagangan Antar Daerah di Sumatera Utara.

Agak berat memang, tapi pelan-pelan yok kita mencernanya.

Hilirisasi Produk Daerah


Terkadang banyak kebijakan pemerintah yang gak sampe pesannya ke masyarakat sebab memakai istilah rumit, sehingga rakyat yang lemah daya tangkapnya, berusaha keras memaknainya, seperti aku ini wkwkw. Dan lalu aku mulai berandai, maunya istilah kebijakan dipaparkan dalam bentuk storytelling ala novel Harry Potter begitu pasti menyenangkan.