Rilis 6 FMB 9: Pemerintah Fokus Tiga Hal Sebelum Ibukota Pindah

TANGGAL :
Rabu, 10 Juli 2019

JAM NAIK BERITA :
13:33:27

MEDIA :
-

JOURNALIST :

NARASUMBER :

TONE :
Pro

TOPIC :
Pemindahan Ibu Kota

CATEGORY :

RUBRIC/PAGES :
Berita

PR :

AD :

FILE ORIGINAL :


Jakarta, 10 Juli 2019 – Pemerintah akan fokus pada tiga hal utama pada lima tahun ke depan terkait dengan rencana pemindahan ibukota Republik Indonesia. Ketiganya adalah pengembangan industrialisasi di pulau lain selain pulau Jawa, kedua pengembangan kawasan ekonomi baru, serta ketiga mengembangkan enam kota metropolitan di luar jawa.
Hal ini ditegaskan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro pada Diskusi Media (Dismed) Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) bertajuk
“Pindah Ibukota Negara : Belajar dari Pengalaman Negara Sahabat”, Rabu (10/7/2019) di Jakarta.

Keenam rencana pengembangan kota metropolitan baru itu dikatakan Bambang adalah Medan, Palembang, Banjarmasin, Makassar, Manado serta Denpasar.

Pada kesempatan ini, Bambang juga mengulang bahwa wacana pemindahan bukan wacana dan hal yang baru karena sudah digaungkan Presiden Soekarno dan Presiden Soeharto sebelumnya.

“Saat ini Presiden Jokowi menegaskan ingin melaksanakannya, konkrit. Karena memang tujuannya baik dan bermanfaat secara keseluruhan,” katanya.

Hal utama yang mendasari rencana ini harus segera dilaksanakan, tambahnya karena Indonesia satu-satunya negara kepulauan dan mekanisme pemindahan ini menjadi penting.

“Namun begitu perlu ukuran yang tepat. Karena memindahkan ibukota ini antar pulau,” tegas Menteri Bambang.

Dismed FMBarat 9 menghadirkan narasumber selain Menteri PPN/Kepala Bappenas, adalah Duta Besar Brazil untuk Indonesia, Rubem Barboza dan mantan Duta Besar Indonesia untuk Brazil Sudaryomo Hartosudarmo.

Kegiatan FMB 9 juga bisa diikuti secara langsung di www.fmb9.id, FMB9ID (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID (Youtube).