Rilis 3 FMB 9: BIG: Perpres Satu Data Pangkas Ketumpangtindihan Data

TANGGAL :
Rabu, 24 Juli 2019

JAM NAIK BERITA :
15:28:26

MEDIA :
-

JOURNALIST :

NARASUMBER :

TONE :
Pro

TOPIC :
Kebijakan Satu Data

CATEGORY :

RUBRIC/PAGES :
Berita

PR :

AD :

FILE ORIGINAL :


JAKARTA – Dengan adanya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia maka pemerintah dan masyarakat bisa mendapatkan data yang resmi. Lebih dari itu, tumpang tindih data juga tidak akan terjadi lagi.
Demikian ditandaskan Deputi Bidang Infrastruktur Informasi Geospasial Badan Informasi Geospasial (BIG) Adi Rusmanto, dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 bertajuk "Satu Data: Solusi Kebijakan Tepat Sasaran", bertempat di Ruang Serba Guna, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Jakarta, Rabu (24/7/2019).’’

“Dengan adanya perpres ini, ke depan kalau teman-teman membutuhkan data sudah bisa menggunakan basis data. Ini akan lebih cepat,” katanya

Bukan hanya soal kecepatan, Adi juga meyakini, tumpang tindih data tidak akan terjadi. Pasalnya, sambung dia, yang digunakan adalah peta dasar yang sama. “Jadi tidak akan terjadi tumpang tindih data. Jika yang digunakan adalah peta dasar yang sama,” katanya.

Kalau dengan kondisi saat ini masih terjadi tumpang tindih, Adi menduga, ada masalah pada referensi. “Kalau pakai referensi yang sama tapi konflik terjadi, itu bisa jadi sedang ada di tahap sinkronisasi,” katanya.

Lebih jauh, Adi menjelaskan, kebijakan satu peta sudah ada pengamananya, sehingga sumber terverifikasi. Kalau data disalah gunakan yang memegang akun yang dipersalahkan. “Jadi proses pertanggung jawaban lebih jelas,” tuturnya.

Turut hadir sebagai narasumber dalam FMB 9 kali ini antara lain Dirjen Aplikasi Informatika Kemkominfo Semuel Abrijani Pangerapan, Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan Kementerian PPN/Bappenas Taufik Hanafi, Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik Badan Pusat Statistik (BPS) M Ari Nugraha, dan Kepala Diskominfo Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Riena Retnaningrum.

Kegiatan FMB 9 juga bisa diikuti secara langsung di www.fmb9.go.id, FMB9ID_ (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID_IKP (Youtube).