Title : Rilis 6 : Terobosan Lagi, Surat Pindah Bisa Diurus di Dukcapil Terdekat Logo
Date : 2019-12-05 16:45:46
Media : -
Jurnalis :
Narasumber :
Nilai : Pro
Topik : Anjungan Dukcapil Mandiri
Kategori :
Rubrik : Berita
Rilis 6 : Terobosan Lagi, Surat Pindah Bisa Diurus di Dukcapil Terdekat

Rilis 6 : Terobosan Lagi, Surat Pindah Bisa Diurus di Dukcapil Terdekat
Pengurusan surat pindah kependudukan tidak lagi rumit dan berbelit. Pasalnya, pengurusan tidak lagi harus mendatangi dukcapil awal, tapi bisa di dukcapil terdekat. Demikian disampaikan Sekretaris Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri I Gede Suratha dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 bertajuk "Era Baru Tak Ribet Urus KTP" yang berlangsung di Gedung C Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Kamis (5/12/2019).

“Permasalahan kependudukan itu kan sebenarnya terjadi lantaran ada ketidaktertiban administrasi. Walau begitu, menghadapi persoalan yang ada, Dukcapil sudah melakukan beragam terobosan,” katanya.

Di antara terobosan itu, menurut I Gede, termasuk juga pengurusan surat pindah. Disebutkannya, pengurusan surat pinda tidak lagi harus dilakukan di kantor Dukcapil asal. Melainkan, sambung dia, bisa dilakukan di kantor dukcapil yang terdekat dengan domisili baru.

“Jadi maksudnya, kalau seseorang pindah dan letaknya cukup jauh, sehingga tidak memungkinkan untuk mengurus surat pindah di dukcapil asal, maka surat pindah bisa diurus dari tempatnya berada sekarang,” katanya.

Jadi mekanismenya, menurut dia, dinas dukcapil di lokasi domisili baru akan berkomunikasi dengan dukcapil asal. “Dengan komunikasi antar (dinas) dukcapil maka kemudian bisa dikeluarkan surat pindahnya bagi orang tersebut,” katanya.

Jadi prinsipnya, menurut I Gede, pemerintah saat ini sedang merapikan semua regulasi. Dan keberadaan ADM ini, dia harapkan, bisa memecahkan berbagai masalah dan mengurai keruwetan yang selama ini terjadi.

“Dengan digitalisasi ini, yang tadinya ruwet, jadi cepat. Karena pemerintah ingin membahagiakan yang dilayani, dalam hal ini masyarakat, maka aparat arus menyederhanakan dan mempercepat mekanisme pelayanan sehingga akuntabilitas dan kesejahteraan masyarakat meningkat,” tuturnya.

Hanya saja, kata dia, masyarakat juga diminta untuk memiliki kesadaran. Sebab, sambung dia, bagi yang tidak mau melakukan registrasi ya tidak bisa menggunakan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

“Banyak hal yang kita gampangkan, tetapi bagi yang selama ini gemar menggampangkan, ya memang jadi susah. Tapi bagi warga negara yang selama ini sudah tertib, itu jadi gampang. Jadi sebenarnya ADM merupakan step yang dipakai untuk meningkat ke tahap yang lebih tinggi,” tuturnya.

Hadir pula dalam FMB 9 kali ini Deputi Bidang Statistik Sosial Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono. Kegiatan FMB 9 juga bisa diikuti secara langsung di www.fmb9.go.id, FMB9ID_ (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID_IKP (Youtube). (jpp)
Forum Merdeka Barat 9
Kementerian Komunikasi Komunikasi dan Infromasi
Jalan Medan Merdeka Barat No. 9, Jakarta Pusat 10110