Title : Rilis 5; Kemenpar Siapkan 75 Paket Wisata Dukung Asian Games 2018 Logo
Date : 2018-05-14 10:22:11
Media : -
Jurnalis :
Narasumber :
Nilai : Pro
Topik : Asian Games 2018
Kategori :
Rubrik : Berita
Rilis 5; Kemenpar Siapkan 75 Paket Wisata Dukung Asian Games 2018

Rilis 5; Kemenpar Siapkan 75 Paket Wisata Dukung Asian Games 2018
Jakarta - Ajang internasional Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang bisa menjadi peluang besar untuk meningkatkan pariwisata nasional. Sedikitnya Indonesia bisa meraup pendapatan dari belanja atlet, pendamping dan penonton sekira US$230 juta (Rp3 triliun lebih).

"Kemenpar telah membuat 75 paket wisata di 7 destinasi wisata. Ada paket wisata di Jakarta, Bali, Jawa Barat, Sumatra Selatan, Jateng-Yogyakarta, Banyuwangi, dan Jakarta-Jabar," ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya
Demikian disampaikan Menpar Arief Yahya dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 bertajuk "Menghitung Dampak Ekonomi Asian Games 2018" yang diselenggarakan di Gedung Serba Guna Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Minggu (13/05/2018).

Menurut Menpar, secara konservatif diperkirakan ada sekitar 170 ribu orang yang hadir meramaikan Asian Games 2018 ini. Mereka dari kalangan atlet, pendamping (official), media dan penonton. Dari jumlah itu mereka akan mengeluarkan belanja selama dua minggu Asian Games sekitar US$230 juta (Rp3 triliun lebih).

Satu hal, Menteri Arief Yahya menambahkan, potensi pariwisata perlu diambil sebab pada tahun 2017 Indonesia sudah masuk Top 20 sebagai negara dengan pertumbuhan turisme tertinggi di dunia. Selain itu, Branding Wonderful Indonesia telah mendapatkan 23 penghargaan di empat negara.

Arief Yahya mengingatkan dalam ajang event internasional atau wisata olahraga, anggaran dan strategi promosi harus lebih besar dari operasional event itu sendiri. Sebab, promosi yang besar akan berdampak ikutan pada nilai sponsor, pengunjung dan turisme pascaevent.
"Nilai tiket biasanya tidak dihitung sebagai pemasukan. Melainkan dari dukungan sponsor dan dampak turisme setelah event internasonal tersebut," jelas Arief Yahya.

Turut hadir sebagai narasumber antara lain Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro, Wakil Gubenur DKI Jakarta Sandiaga Uno, dan Ketua INASGOC Erick Thohir.

Kegiatan FMB 9 juga bisa diikuti secara langsung di: www.fmb9.id, FMB9ID (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID (Youtube).
Forum Merdeka Barat 9
Kementerian Komunikasi Komunikasi dan Infromasi
Jalan Medan Merdeka Barat No. 9, Jakarta Pusat 10110