Title : Terjadi Ketimpangan, Menaker: Tenaga Kerja Kumpul di Perkotaan Logo
Date : 2018-11-08 23:14:38
Media : Gatra.com
Jurnalis : Redaksi
Narasumber : M Hanif Dhakiri, Menteri Ketenagakerjaan
Nilai : Pro
Topik : Pengurangan Pengangguran
Kategori : -
Rubrik : Berita
Terjadi Ketimpangan, Menaker: Tenaga Kerja Kumpul di Perkotaan

Terjadi Ketimpangan, Menaker: Tenaga Kerja Kumpul di Perkotaan
Jakarta - Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri menilai ketimpangan tenaga kerja akan segera terjadi di Indonesia. Pasalnya tenaga kerja hanya terpusat di kawasan perkotaan dan industri.

Tenaga kerja Indonesia, kata Hanif, jauh lebih unggul dibanding negara lain. Namun sayangnya tidak semua tenaga kerja mau bekerja di daerah-daerah terpencil dan tertinggal.

"Kalau (tenaga kerja) tidak berimbang, malah akan menciptakan ketimpangan, berpengaruh kepada investasi," ungkap Hanif dalam diskusi bertajuk Pengurangan Pengangguran di Gedung Bappenas, Jakarta Pusat, Kamis (8/11).

Politisi PKB tersebut menambahkan investor di berbagai daerah kesulitan mencari tenaga kerja terdidik dan terampil. Tenaga kerja dengan kriteria itu berkumpul di kota-kota besar.

Ke depan, lanjutnya, perlu ada pemerataan tenaga kerja antar satu wilayah denga wilayah lainnya. Dengan itu bisa mengurangi ketimpangan tenaga kerja.

"Di Jawa itu tenaga kerja banyak. Tetapi tidak semua mau bekerja di tempat yang terpencil, kalau kata orang 'tempat jin buang anak' saking terpencilnya," tutup Hanif.
Forum Merdeka Barat 9
Kementerian Komunikasi Komunikasi dan Infromasi
Jalan Medan Merdeka Barat No. 9, Jakarta Pusat 10110